fbpx

Pengertian Obat Miotikum

  • July 13, 2021

Membangunkan anak sahur di bulan puasa memang jadi tantangan tersendiri. Hindari menyimpan obat di tempat yang panas atau lembap dan terkena paparan sinar matahari langsung. Hindari menekan dan menggosok mata, atau mengedip supaya obat dapat bekerja dengan baik. Jika perlu meneteskan lebih dari 1 tetes obat di mata yang sama, beri jeda 5 menit sebelum meneteskannya lagi. Condongkan kepala ke belakang dan tarik kelopak mata bagian bawah hingga membentuk kantung lalu teteskan obat ke dalamnya. Tutup mata Anda dan tekan bagian ujung mata yang dekat dengan hidung selama 1–2 menit, agar obat bisa lebih meresap. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum menggunakan obat.

Cendo Carpine adalah sediaan tetes mata yang mengandung bahan aktif Pilokarpin-HCl. Cendo Carpine dapat digunakan untuk mengobati glaukoma simplek kronis . Pilokarpin-HCl yang terkandung dalam Cendo Carpine termasuk dalam golongan obat-obatan miotik, yaitu obat tetes mata yang dapat mengecilkan pupil mata. Konsumsi beberapa obat secara bersamaan dapat menimbulkan interaksi obat.

Pastikan untuk tidak menyentuh ujung botol obat agar tidak terkontaminasi. Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen atau produk herbal.

Pengertian Obat Miotikum

Konsumsi pilocarpine bersamaan dengan obat miotik lainnya dapat meningkatkan risiko efek samping. Pemberian bersamaan dengan atropine dapat menghilangkan efek antikolinergik dari atropin.

Pengobatan glaukoma bertujuan untuk mengurangi tekanan di dalam mata dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada penglihatan. Obat Miotikum bekerja dengan cara membuka sistem saluran di dalam mata, dimana sistem saluran tidak efektif karena kontraksi atau kejang pada otot di dalam mata yang dikenal dengan otot siliari. Dosis yang diberikan mungkin bervariasi berdasarkan kondisi individu. Selama pengobatan, dokter akan melihat respons terhadap pengobatan dan melakukan penyesuaian dosis bila diperlukan.

Pilocarpine mengecilkan pupil mata dan mengurangi jumlah cairan dalam mata. Pelepasan retina dapat terjadi pada individu yang rentan atau pada orang dengan kelainan pada retina; karena itu pemeriksaan fundus disarankan sebelum memulai pengobatan dengan miotik. Tekanan intraokular dan penglihatan sebaiknya dimonitor pada pasien glaukoma simplek kronik dan pasien yang diberikan miotik dalam waktu yang lama. Miotik sebaiknya digunakan secara hati-hati pada penderita penyakit jantung,hipertensi, asma, tukak peptik, obstruksi saluran kemih, dan penyakit Parkinson. Pilocarpine tetes mata merupakan obat agonis kolinergik yang bekerja langsung untuk mempengaruhi otot pada mata sehingga meningkatkan aliran dari cairan dalam bola mata.

Jangan menggunakan lensa kontak selama menggunakan pilocarpine tetes mata. [newline]Pupil yang kecil adalah efek samping yang tidak menguntungkan dari obat ini . Obat ini bekerja dengan membuka saluran drainase yang inefisien pada trabecular meshwork, dengan cara kontraksi atau spasme otot silier. Obat ini juga menghasilkan spasme akomodasi yang dapat menyebabkan pandangan kabur dan browache kedokteran . Untuk pemilihan obat mata miotikum yang tepat sesuai kebutuhan dan keluhan anda ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter. Miotik digunakan dalam penanganan tekanan intraokular yang tinggi, termasuk pilokarpin. Informasi yang diberikan bukan sebagai pengganti konsultasi medis langsung dengan dokter, atau mengarahkan pemakaian obat dengan merek tertentu.