fbpx

Memulai Bisnis Journey Wisata, Apa Yang Dibutuhkan?

  • February 2, 2021

cara mudah bisnis travel

Anda bisa mendapatkan konten UGC dengan melakukan posting ulang dari konsumen yang menggunakan jasa Anda untuk liburannya. Di zaman serba online sekarang, orang-orang selalu mencari data terlebih dahulu melalui web sebelum memutuskan pergi ke tempat fisik. Kalau mereka tak menemukan data sama sekali mengenai bisnis Anda di internet, kemungkinan besar mereka mengurungkan niatnya untuk menggunakan jasa Anda. Konsistensi itu sangat penting dalam bisnis agar memberikan persepsi positif dan mudah diingat konsumen.

cara mudah bisnis travel

Jadi, untuk social media advertising, Anda fokus saja kepada konten UGC. Konten buatan model Anda tetap boleh, tapi frekuensinya jangan terlalu sering.

Jaga konsistensi model Anda dari ide, warna, desain brand, hingga gaya bahasa. Branding yang kuat memberikan identitas yang khas kepada bisnis journey Anda. Apalagi, jika bisnis journey Anda bergerak di niche market tertentu. Nah, dari hasil riset tersebut, bisnis journey Indonesia Anda bisa fokus bergerak dalam menawarkan paket liburan dengan warga lokal. Hal-hal yang bisa dilakukan secara online selain pemasaran tentunya, adalah pembelian dan pembayaran, serta lainnya. Cobalah membuat nama atau merek usaha Anda yang mudah diingat dan tidak pasaran atau mudah didengar (ear-catching) dan mudah dilihat (eye-catching). Lengkapi profil usaha Anda dengan foto yang bagus atau animasi bergerak yang menarik perhatian.

Anda perlu pengakuan dari orang lain terkait bisnis anda untuk meraih penilaian yang lebih objektif. Anda bisa membuat semacam weblog yang menampilkan testimoni atau pengalaman Anda mendekati pelanggan Anda. siapa tahu ada orang yang terinspirasi dengan kisah menarik dilayani anda dan kemudian tertarik untuk jalan-jalan dengan menggunakan layanan bisnis Anda. Mudahnya nama bisnis Anda untuk disebutkan ini tentu akan meningkatkan model consciousness bisnis Anda. Supaya promosi bisnis travel Anda lebih meyakinkan, jangan lupa untuk membuat web site dan menerapkan strategi digital advertising. Untuk itu, Anda perlu internet hosting cepat, stabil, dan pelayanan yang siap membantu 24 jam, seperti Unlimited Hosting Niagahoster.

Jika perlu, buat poin destinasi Anda di restoran atau tempat makan dengan pemandangan yang cantik. Siapa yang tahu Anda ternyata bertemu dengan kolaborasi lain antar agen travel yang sudah sukses atau justru masih merintis pula. Ini bisa anda jadikan inspirasi atau ilham untuk terus semangat mendirikan sebuah agen journey yang dapat dipercaya dan tidak sembarangan. Untuk membuat bisnis Anda lebih dikenal, anda harus mempersiapkan strategi pemasaran.

Anda bisa membaca suggestions cara menganalisa pasar dengan mudah dalam four langkah. Jika memang sudah memutuskan untuk memulai bisnis journey maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memperdalam pengetahuan dari jenis bisnis yang dipilih. Misalnya dengan membaca banyak artikel dan buku tentang travelling. Mengingat minatnya tinggi masyarakat untuk berjalan-jalan, tentu anda harus membuat penawaran yang berbeda dari agen journey yang lain. misalnya, jika saat ini adalah musim hujan, maka Anda bisa menawarkan program dengan tujuan ke daerah Bandung. Tentunya di Bandung anda bisa memilihkan tempat atau poin destinasi yang mengizinkan pelanggan Anda menikmati pemandangan yang berhujan.

Keraguan ditipu pelanggan yang tak membayar tidak berlaku di bisnis travel. Sebab, saat pelanggan sudah melakukan pesanan, mereka wajib untuk membayar penuh di muka terlebih dahulu. Feedback itu sangat penting karena merupakan pengalaman nyata yang dirasakan pelanggan saat menggunakan jasa Anda. Pelanggan juga akan merasa terlibat langsung dengan bisnis Anda sehingga meningkatkan engagement.

Cobalah untuk melakukan pemetaan tempat wisata di sekitar lokasi tempat tinggal Anda sehingga lebih mudah dalam mengelolanya. Jika usaha journey sudah berkembang dan sudah cukup besar maka izin usaha juga perlu dibuat. Hal ini untuk menghindari masalah dengan hukum yang berlaku di Negara ini. Tips yang kedua ini harus dilakukan jika menginginkan bisnis berjalan lancar. Riset pasar ini akan membantu dalam penentuan segmen pasar yang tepat. Misalnya jika ingin menjual tiket pesawat internasional artinya pasarnya adalah kalangan menengah ke atas.

Dengan begitu, secara tak langsung pelanggan sudah berkomitmen untuk melakukan touring. Jadi Anda bisa tenang, sebab rugi karena pelanggan tak membayar itu tidak ada dalam dunia bisnis traveling.